PENERAPAN LATIHAN MOTORIK HALUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANGKA PADA ANAK TUNADAKSA KELAS DASAR I DI SLB NEGERI PAREPERE

SITI KHODIJAH (2022) PENERAPAN LATIHAN MOTORIK HALUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANGKA PADA ANAK TUNADAKSA KELAS DASAR I DI SLB NEGERI PAREPERE.

[img] Text
SKRIPSI SITI KHODIJAH.doc

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL SITI KHODIJAH.doc

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK SITI KHODIJAH, 2017. “Penerapan Latihan Motorik Halus Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Angka Pada Anak Tunadaksa Kelas Dasar I Di Slb Negeri Parepare”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis angka yang rendah pada anak tunadaksa dikelas dasar I di Slb Negeri Parepare. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis angka melalui latihan motorik halus pada anak tunadaksa kelas dasar I di Slb Negeri Parepare?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis angka melalui latihan motorik halus pada anak tunadaksa kelas dasar I di Slb Negeri Parepare. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis angka sebelum dan setelah pembelajaran dengan latihan motorik halus pada anak tunadaksa kelas dasar I di Slb Negeri Parepare. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kemampuan menulis angka sebelum diberikan pembelajaran dengan latihan motorik halus berada pada kategori tidak mampu. 2) Gambaran kemampuan menulis angka setelah diberikan pembelajaran dengan latihan motorik halus menunjukkan adanya peningkatan dengan skor berada pada kategori sangat mampu. 3) Ada peningkatan kemampuan menulis angka pada anak tunadaksa kelas dasar I di Slb Negeri Parepare melalui latihan motorik halus. Dapat disimpulkan bahwa melalui latihan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan menulis angka pada anak tunadaksa kelas dasar I di Slb Negeri Parepare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:38
Last Modified: 17 Feb 2022 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22160

Actions (login required)

View Item View Item