PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA MURID DISKALKULIA KELAS III DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

ERWIN. T (2022) PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA MURID DISKALKULIA KELAS III DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DALAM.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II edit.docx

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
hasil identifikasi awal.docx

Download (19kB)
[img] Text
Instrumen Penelitian.docx

Download (41kB)
[img] Text
Kesulitan berhitung adalah kesulitan dalam menggunakan Bahasa symbol untuk berpikir.docx

Download (15kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (867kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

Erwin. T, 2017. Penggunaan Media Kantong Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Pada Murid Diskalkulia Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”1) Bagaimanakah kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan media kantong bilangan?, 2) Bagaimanakah kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sesudah penggunaan media kantong bilangan? dan 3) Apakah media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah ”1) Untuk mengetahui kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan media kantong bilangan, 2) Untuk mengetahui kemampuan penjumlahan pada murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar setelah penggunaan media kantong bilangan dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan penjumlahan pada murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar melalui penggunaan media kantong bilangan.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat menggambarkan mengenai kemampuan penjumlahan murid yang analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah murid diskalkulia kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar yang berjumlah 1(satu) orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis yakni tes penjumlahan bersusun ke bawah. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan penjumlahan murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan media kantong bilangan menunjukkan kategori kurang mampu, 2) Kemampuan penjumlahan murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar sesudah penggunaan media kantong bilangan menunjukkan kategori sangat mampu dan 3) Terdapat peningkatan kemampuan penjumlahan pada murid diskalkulia kelas dasar III di SD Inpres Maccini Baru Makassar dari kategori kurang mampu menjadi kategori sangat mampu.”

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:25
Last Modified: 17 Feb 2022 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22159

Actions (login required)

View Item View Item