ZAFITRI (2022) PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB SOMBA OPU.
Text
SKRIPSI.pdf Download (765kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (135kB) |
Abstract
Zafitri, 2017, Penggunaan Metode Discovery Dalam Menigkatkan Hasil Belajar IPA pada Murid Tunagrahita Ringan Di SLB Somba Opu, Skripsi di bimbing oleh Drs.Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam peneliti ini adalah rendahnya pemahaman anak terhadap materi pembelajaran IPA yang dampaknya mempengaruhi hasil belajar. Masalah dalam penelitian ini bagaiamanakah penggunaan metode discovery dalam meningkatkan hasil belajar IPA murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Somba Opu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA murid Tunagrahita Ringan kelas Dasar IV di SLB Somba Opu. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian ini adalah murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Somba Opu pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang dgunakan adalah, tehnik tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar IPA murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Somba Opu sebelum penggunaan metode discovery termaksud dalam kategori sangat kurang. Sedangkan setelah penggunaan metode discovery murid Tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu mengalami penigkatan hasil belajar dengan melihat kreteria penilaian menjadi kategori baik. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Somba Opu
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 01:57 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 01:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22157 |
Actions (login required)
View Item |