DOMINIKA ROA (2022) AKTIVITAS MERONCE MANIK - MANIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB-B YPPLB CENDRAWASIH MAKASSAR.
Text
SAMPUL PERTAMA.docx Download (36kB) |
|
Text
SAMPUL KEDUA.docx Download (939kB) |
|
Text
keaslian - motto.rtf Download (89kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.rtf Download (270kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB III.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
SAMPUL LAMPIRAN - LAMPIRAN V.docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran VI.docx Download (17kB) |
|
Text
LAMPIRAN VII.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (95kB) |
Abstract
DOMINIKA ROA. 2017. “Aktivitas Meronce Manik-manik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Pada Anak Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB-B YPPLB Cendrawasih Makassar” Skripsi di bimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) ’’Bagaimanakah aktivitas meronce manik-manik untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar?” 2) “Bagaimanakah kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II Di SLB-B YPPLB Makassar sebelum dan sesudah aktivitas meronce manik-manik?” 3) “Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II Di SLB-B YPPLB Makassar melalui aktivitas meronce manik-manik” ? Penelitian ini bertujuan 1) ’’ Mendeskripsikan aktivitas meronce manik-manik untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II ?” 2) “Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II sebelum dan sesudah aktivitas meronce manik-manik?” 3) “Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II melalui aktivitas meronce manik-manik” ?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun subyek penelitian sebanyak 2 orang anak tunarungu kelas dasar II .Pengumpulan data yaitu dengan tes, observasi,dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Kemampuan berhitung penjumlahan sebelum aktivitas meronce manik-manik pada anak tunarungu kelas dasar II berada pada kategori kurang mampu, kemudian kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II setelah aktivitas meronce manik-manik berada pada kategori mampu,terdapat peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan melalui aktivitas meronce manik-manik. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas meronce manik-manik dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 01:50 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 01:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22156 |
Actions (login required)
View Item |