AKTIVITAS MERONCE MANIK - MANIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB-B YPPLB CENDRAWASIH MAKASSAR

DOMINIKA ROA (2022) AKTIVITAS MERONCE MANIK - MANIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB-B YPPLB CENDRAWASIH MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PERTAMA.docx

Download (36kB)
[img] Text
SAMPUL KEDUA.docx

Download (939kB)
[img] Text
keaslian - motto.rtf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
SAMPUL LAMPIRAN - LAMPIRAN V.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran VI.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN VII.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (95kB)

Abstract

DOMINIKA ROA. 2017. “Aktivitas Meronce Manik-manik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Pada Anak Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB-B YPPLB Cendrawasih Makassar” Skripsi di bimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II SLB-B YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) ’’Bagaimanakah aktivitas meronce manik-manik untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar?” 2) “Bagaimanakah kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II Di SLB-B YPPLB Makassar sebelum dan sesudah aktivitas meronce manik-manik?” 3) “Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II Di SLB-B YPPLB Makassar melalui aktivitas meronce manik-manik” ? Penelitian ini bertujuan 1) ’’ Mendeskripsikan aktivitas meronce manik-manik untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II ?” 2) “Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II sebelum dan sesudah aktivitas meronce manik-manik?” 3) “Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II melalui aktivitas meronce manik-manik” ?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun subyek penelitian sebanyak 2 orang anak tunarungu kelas dasar II .Pengumpulan data yaitu dengan tes, observasi,dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Kemampuan berhitung penjumlahan sebelum aktivitas meronce manik-manik pada anak tunarungu kelas dasar II berada pada kategori kurang mampu, kemudian kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II setelah aktivitas meronce manik-manik berada pada kategori mampu,terdapat peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan melalui aktivitas meronce manik-manik. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas meronce manik-manik dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:50
Last Modified: 17 Feb 2022 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item