PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU DI KELAS DASAR 1 DI SLB-B YPPLB MAKASSAR

NURMIATI (2022) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU DI KELAS DASAR 1 DI SLB-B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
ABSTRAK NURMY.docx

Download (61kB)
[img] Text
BRN3C2AF41B9A0B_001126.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I - BAB V.docx

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRANKU.docx

Download (647kB)
[img]
Preview
Image
BRN3C2AF41B9A0B_001128_001.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
nurmiati_0001.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
nurmiati_0003.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (56kB)
[img] Text
jurnal nurmiati.docx

Download (177kB)

Abstract

Nurmiati,2017.Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas Dasar I di SLB-B YPPLB Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dra. Hj. St.Murni, M.Hum; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah :(1) Bagaimana kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas Dasar I Di SLB-B Makassar sebelum penggunaan media kartu kata? (2) Bagaimanakemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas Dasar I Di SLB-B YPPLB Makassar setelah penggunaan media kartu kata? (3) Apakah ada peningkatkan kemampuanmembaca permulaan murid tunarungu kelas Dasar I Di SLB-B YPPLB Makassar setelah penggunaan media kartu kata? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum penggunaan media kartu kata pada Murid Tunarungu kelas dasar 1 di SLB-B YPPLB Makassar? (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan media kartu kata pada Murid Tunarungu kelas dasar 1 di SLB-B YPPLB Makassar ? (3) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu katta Murid Tunarungu kelas dasar 1 di SLB-B YPPLB Makassar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah dua orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis pre-eksperimental dalam bentuk tabulasi data kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan membaca permulaan sebelum penggunaan media kartu kata pada Murid Tunarungu kelas dasar 1 di SLB-B YPPLB Makassar berada pada kategori “kurang mampu”. (2) Kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan media kartu kata pada Murid Tunarungu kelas dasar 1 di SLB-BYPPLB Makassar berada pada kategori “mampu”. (3) Ada peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu kata Murid Tunarungu kelas dasar 1 di SLB-B YPPLB Makassar. Dapat di simpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan memampuan membaca permulaan paada murid tunarungu kelas dasar I di SLB-B YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:33
Last Modified: 17 Feb 2022 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item