PENERAPAN LIFE SKILL PEMBUATAN ROTI COKLAT UNTUK MENINGKATAKAN KEMANDIRIAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SMPLB DI SLBN PEMBINA TK.PROV SUL-SEL SENTRA PK-PLK

RESKY ADRIANA (2022) PENERAPAN LIFE SKILL PEMBUATAN ROTI COKLAT UNTUK MENINGKATAKAN KEMANDIRIAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SMPLB DI SLBN PEMBINA TK.PROV SUL-SEL SENTRA PK-PLK.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
Sampul kedua.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (39kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 6.docx

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (28kB)

Abstract

RESKY ADRIANA, 2017. Penerapan Life skill Pembuatan Roti Coklat Untuk Meningkatkan Kemandirian Pada Murid Tuna Grahita Kelas VII SMPLB Di SLB Pembina Tk Prov Sul-Sel Setra Pk-Plk. Skripsi Dibimbing oleh Dra.Dwiyatmi Sulasminah,M.Pd dan Dr.Usman, M.Si; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemandirian pembuatan roti coklat pada murid tunagrahita ringan SMPLB kelas VII di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi-Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemandirian pembuatan roti coklat murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK melalui penerapan life skiil. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kemandirian pembuatan roti coklat murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK melalui penerapan life skiil. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningatan kemandirian pembuatan rpti coklat sebelum dan sesudah penerapan life skiil pada murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB yang berjumlah satu orang . Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemandirian pembuatan rpti coklat murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK sebelum penerapan life skiil berada dalam kategori kurang. Sedangkan hasil kemandirian pembuatan roti coklat murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK setelah penerapan life skiil berada dalam kategori baik. Artinya anak mampu mandiri dalam membuat roti coklat pada murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK setelah penerapan life skiil. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan life skiil dapat meningkatkan kemandirian pembuatan roti coklat pada murid tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Feb 2022 00:54
Last Modified: 17 Feb 2022 00:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22152

Actions (login required)

View Item View Item