PENGGUNAAN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV SLB-B YPPLB MAKASSAR

MELDA (2022) PENGGUNAAN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV SLB-B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
2. Sampul Dalam Skripsi.docx

Download (50kB)
[img] Text
2. Sampul Dalam Skripsi.docx

Download (50kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (470kB)
[img] Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (498kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (11kB)
[img] Text
6. Moto dan Peruntukan.docx

Download (11kB)
[img] Text
7. Abstrak.docx

Download (11kB)
[img] Text
8. Prakata.docx

Download (15kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.docx

Download (16kB)
[img] Text
11. Daftar Tabel.docx

Download (12kB)
[img] Text
12. Daftar Grafik.docx

Download (11kB)
[img] Text
13. Daftar Lampiran.docx

Download (12kB)
[img] Text
14. Isi BAB I-V.docx

Download (314kB)
[img] Text
Lampiran 2 Kisi-kisi Instrumen Penelitian.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 1 Petikan Kurikulum.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 3 Tujuan Instrumen Penelitian.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 9 Format Validasi Instrumen.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 10 Dokumentasi Penelitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 14 Surat Keterangan Penelitian.docx

Download (476kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (1MB)

Abstract

Melda. 2016. Penggunaan Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Pada Siswa Tunarungu Kelas Dasar IV SLB-B YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penggunaan playdough dalam meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar. Masalah penelitian ini adalah: “Rendahnya hasil belajar matematika khususnya kemampuan mengenal bangun datar pada siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan mengenal bangun datar pada siswa tunarungu dengan penggunaan playdough kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Variabel dalam penelitian ini yang dimaksudkan adalah penggunaan playdough untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar siswa tunarungu kelas dasar IV SLB-B YPPLB Makassar. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa tunarungu kelas dasar IV. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, tes perbuatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan mengenal bangun datar pada siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar sebelum penggunaan playdough menunjukkan kategori sangat kurang 2) Kemampuan mengenal bangun datar pada siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar setelah penggunaan playdough menunjukkan kategori baik. 3) Terdapat peningkatan kemampuan mengenal bangun datar pada siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar dari kategori sangat kurang menjadi kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan playdough dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar pada siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:42
Last Modified: 16 Feb 2022 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22146

Actions (login required)

View Item View Item