LATIHAN MOTORIK HALUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR III SLB NEGERI MAKASSAR

ULFATUSSALIHA (2022) LATIHAN MOTORIK HALUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR III SLB NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI ULFATUSSALIHA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
JURNAL ULFATUSSALIHA.pdf

Download (596kB)

Abstract

ULFATUSSALIHA , 2016. Latihan Motorik Halus dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Anak Autis Kelas Dasar III SLB Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dr. Bastiana,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rendahnya kemampuan menulis pada anak autis kelas dasar III SLB Negeri Makassar menjadi masalah dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah latihan motorik halus dalam meningkatkan kemampuan menulis anak autis kelas dasar III SLB Negeri Makassar? Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui latihan motorik halus dalam meningkatkan kemampuan menulis anak autis kelas Dasar III di SLB Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek adalah 1 orang murid yang mengalami autis di kelas dasar III di SLB Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian, sebagai berikut: Kemampuan menulis kata pada siswa autis kelas dasar III SLB Negeri Makassar berdasarkan fase penelitian dibagi atas tiga, diantaranya : fase baseline 1 (A1) kemampuan menulis anak mulai dari sesi pertama sampai dengan sesi keempat masih dalam kategori tidak mampu berdasarkan skor yang diperoleh. Fase intervensi (B) kemampuan menulis anak mulai meningkat pada sesi pertama dimana anak masuk dalam kategori mampu, sesi terakhir, kemampuan menulis anak meningkat sampai pada kategori sangat mampu berdasarkan skor yang diperoleh. Fase baseline 2 (A2) kemampuan menulis anak sedikit menurun dibandingkan dengan fase intervensi tetapi lebih meningkat dibandingkan deangan fase baseline 1 (A1). Kemampuan menulis anak pada fase ini dikategorikan mampu berdasarkan skor yang diperoleh. Kesimpulan hasil penelitian, adalah: latihan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan menulis anak autis kelas dasar III SLB Negeri Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:02
Last Modified: 16 Feb 2022 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22142

Actions (login required)

View Item View Item