PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK

BUNGAWATI (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.

[img] Text
sampul DEPAN.docx

Download (27kB)
[img] Text
SAMPUL 2.docx

Download (23kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (27kB)
[img] Text
MOTTOCU12.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I HAL 1-7.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II 8-40.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB III 41-46.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV 47-57.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB V 58-59.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 60-61.docx

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 1 62-63.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 2 HAL 64.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran 3 HAL 65.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 4 HAL 66-69.docx

Download (88kB)
[img] Text
Lampiran 5 HAL 70.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran 6 HAL 71-75.docx

Download (27kB)
[img] Text
lampiran 7 hal 76-79.docx

Download (25kB)
[img] Text
Lampiran 8 dokumentasi Hal. 80-82.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP 86.docx

Download (43kB)
[img] Text
JURNAL BUNGA.docx

Download (44kB)

Abstract

BUNGAWATI. 2017. Peningkatan kemampuan bahasa reseptif melalui penerapan metode bercerita pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd dan Dr.Usman,M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yang mengalami masalah yaitu kalau ditanya, jawabanya tidak sesuai, sulit menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru baik secara tertulis maupun secara lisan, siswa tidak dapat menjawab apa yang sudah diberikan pada saat guru bertanya. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah metode barcerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampaun bahasa reseptif murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLBN Pembina Tingkat Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK melalui metode bercerita. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah dua orang murid tunagrahita ringan kelas dasar V dengan inisial AR dan TR. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan bahasa reseptif murid tunagrahita ringan kelas dasar V sebelum penerapan metode bercerita berada dalam kategori sangat kurang dan setelah penerapan metode bercerita berada dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan bahasa reseptif murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina Tingkat Prov Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2022 00:55
Last Modified: 16 Feb 2022 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22136

Actions (login required)

View Item View Item