MUHAMMAD SADDAN H (2022) PENGGUNAAN METODE ORTON GILLINGHAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI MAKASSAR.
Text
DP Skripsi sampul.docx Download (27kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (30kB) |
|
Text
MOTO DAN PERUNTUKKAN.docx Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
PRAKATA sadam.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II edit saddan metode vakt.docx Download (69kB) |
|
Text
Bab III B.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (76kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (23kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (13kB) |
|
Text
Lampiran 3.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran 4.docx Download (19kB) |
|
Text
Lampiran 5.docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 7.docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 8.docx Download (9MB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN 12.docx Download (29kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (37kB) |
Abstract
MUHAMMAD SADDAN H 2017. Penggunaan Metode Orton Gillingham Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Bastiana M. Si dan Dra. Tatiana Meidina ,M.Si. Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan metode Orton Gillingham untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di kelas III SLB Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan melalui metode Orton Giingham pada anak tunagrahita kelas III di SLB Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar dengan penggunaan metode Orton Giingham. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah dua orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif data kemudian dianalisis secara kuantitatif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan membaca anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar sebelum penggunaan metode Orton Giingham masih dikategorikan belum mampu. Setelah penggunaan metode Orton Giingham pada anak tunagrahita mengalami peningkatan kemampuan membaca yakni dapat mengenal huruf, kata dan suku kata. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Orton Giingham pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 07:20 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 07:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22133 |
Actions (login required)
View Item |