PENGGUNAAN METODE ORTON GILLINGHAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI MAKASSAR

MUHAMMAD SADDAN H (2022) PENGGUNAAN METODE ORTON GILLINGHAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
DP Skripsi sampul.docx

Download (27kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
MOTO DAN PERUNTUKKAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
PRAKATA sadam.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II edit saddan metode vakt.docx

Download (69kB)
[img] Text
Bab III B.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 7.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 8.docx

Download (9MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN 12.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

MUHAMMAD SADDAN H 2017. Penggunaan Metode Orton Gillingham Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Bastiana M. Si dan Dra. Tatiana Meidina ,M.Si. Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan metode Orton Gillingham untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di kelas III SLB Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan melalui metode Orton Giingham pada anak tunagrahita kelas III di SLB Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar dengan penggunaan metode Orton Giingham. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah dua orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif data kemudian dianalisis secara kuantitatif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan membaca anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar sebelum penggunaan metode Orton Giingham masih dikategorikan belum mampu. Setelah penggunaan metode Orton Giingham pada anak tunagrahita mengalami peningkatan kemampuan membaca yakni dapat mengenal huruf, kata dan suku kata. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Orton Giingham pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri Makassar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:20
Last Modified: 15 Feb 2022 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22133

Actions (login required)

View Item View Item