MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN SMART CARD PADA ANAK DISLEKSIA KELAS II DI SD INP. MACCINI BARU MAKASSAR

SUPARMANTO (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN SMART CARD PADA ANAK DISLEKSIA KELAS II DI SD INP. MACCINI BARU MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI SUPARMANTO.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL SUPARMANTO.pdf

Download (282kB)

Abstract

SUPARMANTO, 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Smart Card Suku Kata Pada Anak Disleksia Kelas II di SD Inp.Maccini Baru Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dr. Bastiana, M. Si ; Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu murid belum mampu mengenal huruf dengan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia kelas II di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum dan sesudah menggunakan Smart Card, dan apakah melalui Penerapan Smart Card Suku Kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Diseleksia. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui Penerapan Smart Card pada anak disleksia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian penerapan Smart Card Suku Kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan yang menjadi subjek penelitian adalah seorang anak disleksia yang duduk di kelas II bernama MNR yang berusia 10 tahun. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum penerapan Smart Card belum mampu membaca beberapa huruf. Sedangkan setelah penerapan Smart Card sudah mampu membaca huruf dengan benar. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia kelas II SD Inpres Maccini Baru setelah penerapan Smart Card Suku Kata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:11
Last Modified: 15 Feb 2022 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22123

Actions (login required)

View Item View Item