Meliangreni, Meliangreni (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 174 MATTARIMAWALIE KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
ARTIKEL MELIANGRENI.pdf Download (207kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 Mattarimawalie dan faktor pendukung dan penghambat media sosail whatsapp dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 174 Mattarimawalie Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data melalui observasi, berupa partisipasi passif, wawancara bersama wali kelas bersama 5 peserta didik kelas V dan dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah memanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen danvideo call. Pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran terdapat beberapa hambatan yaitu gangguan sinyal, memori HP penuh, kurangnya interaksi, sulit mengetahui kesriusan peserta didik, dan sulit memahami materi yang diberikan, serta peneliti mendeskripsikan faktor pendukung untuk mengatasi hambatan yang terjadi dari pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 174 Mattarimawalie Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Kata Kunci : WhatsApp, Media Pembelajaran pada masa pandemic Covide-19
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 03:01 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 03:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22121 |
Actions (login required)
View Item |