ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN DARING MURID SDN 121 SALONRO KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

Arsyi, Inur (2022) ANALISIS MOTIVASI BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN DARING MURID SDN 121 SALONRO KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
INUR ARSYI artikel-dikonversi.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Analisis Motivasi Berprestasi dalam Pembelajaran Daring Murid SDN 121 Salonro Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1)bagaimana motivasi berprestasi dalam pembelajaran daring?, (2)apa faktor pendukung dan penghambat motivasi berprestasi dalam pembelajaran daring?, (3)apa yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi berprestasi murid?, (4)apa yang menjadi penyebab rendahnya motivasi berprestasi?. Tujuan penelitian adalah mengetahui: (1)motivasi berprestasi dalam pembelajaran daring, (2)faktor pendukung dan penghambat motivasi berprestasi dalam pembelajaran daring, (3)hal yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi berprestasi murid, (4)penyebab rendahnya motivasi berprestasi murid Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Fokus penelitian yaitu Kepala sekolah, wali kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)motivasi berprestasi siswa pada masa pembelajaran daring kurang baik, (2)faktor pendukung motivasi berprestasi yaitu dari pihak guru yang memberikan nuansa baru dalam pembelajaran dan faktor penghambat dalam motivasi berprestasi ada dua yaitu dari siswa itu sendiri dan faktor eksternal siswa, (3)guru melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa diantaranya yaitu mengubah strategi mengajar dengan melakukan zoom meeting, pemberian tugas melalui grup WA, diskusi melalui grup WA, dan menampilkan media video, (4)penyebab rendahnya motivasi berprestasi siswa selama masa pembelajaran daring yaitu siswa suasana belajar yang baru sehingga siswa masih mengalami kesulitan untuk melakukan penyesuaian serta aplikasi belajar online yang masih kurang mereka kuasai. Kata kunci: Motivasi berprestasi, pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:51
Last Modified: 15 Feb 2022 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22118

Actions (login required)

View Item View Item