PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MACTH TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF SISWA SD INPRES 12/79 MACANANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

INDARWAYAH, INDARWAYAH (2022) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MACTH TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF SISWA SD INPRES 12/79 MACANANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL INDARWAYAH.pdf

Download (667kB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penulisan ini adalah rendahnya kemampuan kolaboratif siswa pada SD Inpres 12/79 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran aktif tipe Index Card Macth, mendeskripsikan kemampuan kolaboratif siswa dan mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran aktif tipe Index Card Macth terhadap kemampuan kolaboratif siswa di SD Inpres 12/79 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel: Variabel bebas yaitu pembelajaran aktif tipe Index Card Macth, dan variabel terikat yaitu kemampuan kolaboratif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres 12/79 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 344 siswa. Sampel penelitian diambil dengan tehnik Purposive sampling, yakni teknik pengambilan sampel secara sengaja, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel, pada murid kelas V SD Inpres 12/79 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Instrumen tersebut telah divalidasi oleh validitor ahli meliputi: Validasi Isi dan Validasi Empirik. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan pelaksanaan pembelajaran aktif tipe Index Card Macth di SD Inpres 12/79 Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone pada umumnya terlaksana dengan baik, (ii) kemampuan kolaboratif siswa kelas V SD Inpres 12/79 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone sebelum penerapan pelaksanaan pembelajaran aktif tipe Index Card Macth berada pada kategori kurang berkolaboratif, setelah diberi perlakuan yaitu penerapan pembelajaran aktif tipe Index Card Macth maka terjadi peningkatan yaitu kemampuan kolaboratif siswa berada pada ketegori kolaboratif, sekalipun demikian nilai rata-rata kemampuan kolaboratif siswa dan persentase mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran aktif tipe Index Card Macth (iii) terdapat pengaruh penerapan pelaksanaan pembelajaran aktif tipe Index Card Macth terhadap kemampuan kolaboratif siswa kelas V SD Inperes 12/79 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Kata Kunci : Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Macth dan Kemampuan Kolaboratif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:48
Last Modified: 15 Feb 2022 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22117

Actions (login required)

View Item View Item