PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SOSIAL TERHADAP KEPEKAAN SOSIAL SISWA SD INPRES 12/79 KAMPUNO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Zuhriana, Andi Arma (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SOSIAL TERHADAP KEPEKAAN SOSIAL SISWA SD INPRES 12/79 KAMPUNO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL Andi Arma Zuhriana .pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah sosial terhadap kepekaan sosial siswa SD Inpres 12/79 Kampuno. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah sosial, sedangkan variabel terikatnya adalah kepekaan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres 12/79 Kampuno, sedangkan sampelnya adalah kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kepekan sosial siswa berupa pretest dan post tes. Teknik analisis data yaitu dengan analisis kuantitatif dengan paired sampel t tes. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig = 0,00 atau t-tabel = 1.729 < thitung = 9,747 maka Ha diterima. Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel baik pada taraf 5%. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesisi alternative (Ha) diterima yang berarti ada pengaruh yang signitifikan pada penggunaan model pembelajaran berbasis masalah sosial terhadap kepekaan sosial siswa SD Inpres 12/79 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Kata Kunci :Model, Berbasis, Masalah, Kepekaan, Sosial

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:44
Last Modified: 15 Feb 2022 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22115

Actions (login required)

View Item View Item