Zuhriana, Andi Arma (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SOSIAL TERHADAP KEPEKAAN SOSIAL SISWA SD INPRES 12/79 KAMPUNO KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
ARTIKEL Andi Arma Zuhriana .pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah sosial terhadap kepekaan sosial siswa SD Inpres 12/79 Kampuno. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah sosial, sedangkan variabel terikatnya adalah kepekaan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres 12/79 Kampuno, sedangkan sampelnya adalah kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kepekan sosial siswa berupa pretest dan post tes. Teknik analisis data yaitu dengan analisis kuantitatif dengan paired sampel t tes. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig = 0,00 atau t-tabel = 1.729 < thitung = 9,747 maka Ha diterima. Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel baik pada taraf 5%. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesisi alternative (Ha) diterima yang berarti ada pengaruh yang signitifikan pada penggunaan model pembelajaran berbasis masalah sosial terhadap kepekaan sosial siswa SD Inpres 12/79 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Kata Kunci :Model, Berbasis, Masalah, Kepekaan, Sosial
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:44 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22115 |
Actions (login required)
View Item |