BENTUK PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA MURID DI ERA PANDEMIK COVID-19 DI SD NEGERI 11 WATAMPONE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Tahar, Siti Harlia Selpi (2022) BENTUK PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA MURID DI ERA PANDEMIK COVID-19 DI SD NEGERI 11 WATAMPONE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SITI HARLIA SELPI TAHAR.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif untuk menganalisis pendampingan belajar orang tua di era Pandemik Covid-19. Fokus penelitian ini adalah bentuk pendampingan belajar orang tua murid di era pandemik covid-19 di SD Negeri 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone serta faktor pendukung dan penghambat pendampingan belajar orang tua murid di era pandemik covid-19 di SD Negeri 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa di SD Negeri Negeri 11 Watampone pada tahun ajaran 2020/2021. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen bantu data dianalisis dengan analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, serta penyimpulan data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa bentuk pendampingan belajar orang tua murid di era pandemik covid-19 di SD Negeri 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone di antaranya a). menggunkaan gaya atau cara mereka masing-masing dalam mengatasi hambatan yang mereka hadapi selama pembelajaran daring, b). melakukan pendekatan kepada anak jika minat belajar mereka berkurang, c). berusaha memberikan pelajaran tambahan kepada anak dengan mengikutkan anak pada kegiatan les, d). berusaha menyediakan fasilitas yang mereka butuhkan selama pembelajaran daring, dan e). berusaha memberikan dorongan dan motivasi jika anak menghadapi kendala dalam belajar secara daring. Faktor pendukung pendampingan belajar orang tua murid di era pandemik covid-19 di SD Negeri 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone yakni a) waktu konsentrasi siswa dalam belajar di rumah, b) lingkungan keluarga yang harmonis, c) media pembelajaran dan d) perangkat pembelajaran yang memadai. Sedangkan faktor penghambat pendampingan belajar orang tua murid di era pandemik covid-19 di SD Negeri 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone yaitu a) Sinyal dan kuota internet, b) Kurangnya kepedulian orang tua terhadap anaknya, c) Minimnya antusias dan pemahaman murid dalam memahami materi, dan d) Kurang terstruktur pembelajaran daring dan video pembelajaran yang diberikan oleh guru yang kurang menarik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:17
Last Modified: 15 Feb 2022 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22100

Actions (login required)

View Item View Item