Amalia Ahsan (2022) PENERAPAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA DI KELAS IV SD NEGERI KALUKUANG III MAKASSAR.
Text
My sampul.docx Download (28kB) |
||
|
Image
Persetujuan Pembimbing.jpg Download (314kB) | Preview |
|
|
Image
Lembar Pengesahan.jpg Download (354kB) | Preview |
|
|
Image
Keaslian Skripsi.jpg Download (266kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.docx Download (31kB) |
||
Text
Skripsi.docx Download (225kB) |
||
Text
LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
||
Text
Lampiran 2.docx Download (18kB) |
||
Text
INSTUMEN IDENTIFIKASI.docx Download (43kB) |
||
Text
INSTRUMEN ASESMEN.docx Download (21kB) |
||
Text
Dokumentasi.docx Download (2MB) |
||
Text
Tes kemampuan.docx Download (52kB) |
||
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (37kB) |
||
Text
Jurnal Amalia.docx Download (162kB) |
Abstract
AMALIA AHSAN, 2016. Penerapan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri kalukuang III Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M. Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas lmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan membaca sebelum penerapan metode SAS pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar? , (2) Bagaimanakah kemampuan membaca sesudah penerapan metode SAS pada anak disleksia?, dan (3) apakah ada peningkatan kemampuan membaca anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar melalui penerapan metode SAS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) kemampuan membaca sebelum penerapan metode SAS pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar, (2) kemampuan membaca sesudah penerapan metode SAS pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar, (3) adanya tidaknya peningkatan kemampuan membaca anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar melalui penerapan metode SAS. Penelitian ini digunakan metode esperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek adalah 1 orang murid yang dapat disimpulkan mengalami disleksia kelas dasar IV di SD Negeri Kalukuang III Makassar. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes kemampuan membaca. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan (1) metode SAS dalam penerapannya dilakukan dengan membaca kata lalu diuraikan menjadi suku kata dan suku kata diuraikan menjadi huruf, setelah itu disintetikkan huruf ke suku kata dan suku kata menajdi kata dengan menggunakan kartu huruf. (2) kemampuan membaca kata pada subjek (AP) meningkat secara signifikan seiring dengan pemberian intervensi yang diberikan, berdasarkan skor yang diperoleh anak, (3) penerapan metode SAS memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa, hal ini berdasarkan skor kemampuan membaca yang diperoleh anak, sehingga metode SAS dapat efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pada murid disleksia dalam hal peningkatan kemampuan membaca
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:36 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22099 |
Actions (login required)
View Item |