PENERAPAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA DI KELAS IV SD NEGERI KALUKUANG III MAKASSAR

Amalia Ahsan (2022) PENERAPAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA DI KELAS IV SD NEGERI KALUKUANG III MAKASSAR.

[img] Text
My sampul.docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Image
Persetujuan Pembimbing.jpg

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Keaslian Skripsi.jpg

Download (266kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.docx

Download (31kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (18kB)
[img] Text
INSTUMEN IDENTIFIKASI.docx

Download (43kB)
[img] Text
INSTRUMEN ASESMEN.docx

Download (21kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
Tes kemampuan.docx

Download (52kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)
[img] Text
Jurnal Amalia.docx

Download (162kB)

Abstract

AMALIA AHSAN, 2016. Penerapan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri kalukuang III Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M. Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas lmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan membaca sebelum penerapan metode SAS pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar? , (2) Bagaimanakah kemampuan membaca sesudah penerapan metode SAS pada anak disleksia?, dan (3) apakah ada peningkatan kemampuan membaca anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar melalui penerapan metode SAS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) kemampuan membaca sebelum penerapan metode SAS pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar, (2) kemampuan membaca sesudah penerapan metode SAS pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar, (3) adanya tidaknya peningkatan kemampuan membaca anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar melalui penerapan metode SAS. Penelitian ini digunakan metode esperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek adalah 1 orang murid yang dapat disimpulkan mengalami disleksia kelas dasar IV di SD Negeri Kalukuang III Makassar. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes kemampuan membaca. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan (1) metode SAS dalam penerapannya dilakukan dengan membaca kata lalu diuraikan menjadi suku kata dan suku kata diuraikan menjadi huruf, setelah itu disintetikkan huruf ke suku kata dan suku kata menajdi kata dengan menggunakan kartu huruf. (2) kemampuan membaca kata pada subjek (AP) meningkat secara signifikan seiring dengan pemberian intervensi yang diberikan, berdasarkan skor yang diperoleh anak, (3) penerapan metode SAS memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa, hal ini berdasarkan skor kemampuan membaca yang diperoleh anak, sehingga metode SAS dapat efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pada murid disleksia dalam hal peningkatan kemampuan membaca

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:36
Last Modified: 15 Feb 2022 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22099

Actions (login required)

View Item View Item