HUBUNGAN PERSEPSI PERANAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN MEDIA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MURID SD DI KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

TENRIAWARU, REZKY (2022) HUBUNGAN PERSEPSI PERANAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN MEDIA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MURID SD DI KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL REZKY TENRIWARU 2021.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Ex Post-Factoyang sifatnya korelasionalbertujuan untuk mengetahui mengenai ada atau tidak Hubungan Persepsi Peranan Orang Tua dan Pemanfaatan Media dengan Motivasi Belajar Murid SD di Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi peranan orangtua dan pemanfaatan media, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar murid SD. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan murid SD di Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yang tersebar di 14 SD yang berjumlah 3.480 murid, sedangkan sampelnya adalah murid kelas V yang tersebar di enam sekolah yang berjumlah 185 murid. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan lembar instrumen berupa angket yang dibagikan kepada masing-masing murid yang dijadikan sampel penelitian.Teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif, digunakan untuk mengetahui hubungan persepsi peranan orang tua dan pemanfaatan media dengan motivasi belajar murid, menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif persepsi peranan orangtua dan pemanfaatan media dengan motivasi belajar murid kelas V SD di Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Kata kunci :peranan orangtua, pemanfaatan media, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:07
Last Modified: 15 Feb 2022 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22094

Actions (login required)

View Item View Item