PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 386 SOLO KECAMATAN BOLA KABUPATEN WAJO

Sutiyulianti HS, Sutiyulianti HS (2022) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 386 SOLO KECAMATAN BOLA KABUPATEN WAJO. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SUTIYULIANTI HS NIM 191051404078.pdf

Download (313kB)

Abstract

Pengaruh pelaksanaan pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 386 Solo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd. dan Dr. Andi Makkasau, M.Si). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran Inkuiri, mengetahui gambaran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran Inkuiri dan mengetahui Pengaruh pelaksanaan pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 386 Solo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalahEksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar dan variabel bebasnya adalah penerapan pembelajaran Inkuiri. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SDN 386 Solo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo dengan sampel yang berjumlah 45 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas IV.A20 orang menggunakan penerapan pembelajaran Inkuiri dan 25 orang Kelas IV.B tidak menggunakan penerapan pembelajaran Inkuiri. Tahapan pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling, yakni teknik pengambilan sampel secara sengaja. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat keaktifan belajar dan lembar observasi untuk mengamati kondisi, situasi, proses, dan perilaku pada saat penerapan pembelajaran berlangsung, yaitu dari tahap awal dan sampai tahap akhir. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa Penerapan pembelajran Inkuiri pada murid meningkat, kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran pada murid meningkat dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 386 Solo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. Kata Kunci: pembelajaran Inkuiri, berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:04
Last Modified: 15 Feb 2022 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item View Item