NUR AMINAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI NONVERBAL MELALUI PENERAPAN METODE APPLIED BEVIOUR ANALISYS (ABA) PADA MURID AUTIS KELAS DASAR II DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.
Text
Sampul.docx Download (17kB) |
|
Text
Halaman Awal.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (76kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (170kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 kisi-kisi intrumen.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2 Format instrumen tes.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 8 dokumentasi penelitian.docx Download (1MB) |
|
Text
Sampul Lampiran.docx Download (13kB) |
|
Text
jurnal.docx Download (54kB) |
Abstract
Nur Aminah, 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Nonverbal Melalui Penerapan Metode Applied Beviour Analisys (ABA) pada Murid Autis Kelas Dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Dr. Bastiana, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa berinisial WN mempunyai kemampuan komunikasi yang masih sangat kurang khususnya komunikasi nonverbal. Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi nonverbal melalui penerapan metode Applied Behaviour Analisys (ABA) pada murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian ini adalah satu orang murid autis kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes perbuatan. Data yang diperoleh diolah melalui statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baselinei-1 kecenderungan arah kemampuan komunikasi nonverbal arahnya mendatar, pada kondisi intevensi-B kecenderungan arahnya menaik dan pada kondisi baseline-2 juga menunjukkan kecenderungan arah menaik, serta diperoleh kenaikan mean level dari kondisi baseline-1 ke baseline-2. Dengan meningkatnya mean level dari baseline-1 ke baseline-2 disimpulkan bahwa penerapan metode Applied Behaviour Analisys (ABA) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi nonverbal murid autis kelas dasar II di SLB negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 00:49 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 00:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22087 |
Actions (login required)
View Item |