PENERAPAN TEKNIK DISCREATE TRIAL TRAINNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN INSTRUKSI SEDERHANA PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA MAKASSAR SENTRA PK-PLK

MUTRIANTI ADAM (2022) PENERAPAN TEKNIK DISCREATE TRIAL TRAINNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN INSTRUKSI SEDERHANA PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA MAKASSAR SENTRA PK-PLK.

[img] Text
Mutrianti Adam.docx

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (63kB)

Abstract

MUTRIANTI ADAM, 2016. Penerapan Teknik Discreat Trial Training Dalam Meningkatkan Pemahaman Instruksi Sederhana Pada Anak Autis Kelas II Di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Djoni Rosyidi,M.Pd. dan Dr. Bastiana,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan teknik Discreat Ttrial Training (DTT) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman instruksi sederhana pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Sentra Pk-Plk Makassar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagimanakah kemampuan pemahaman instruksi sederhana sebelum penerapan teknik DTT pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk? (2) Bagaimanakah kemampuan pemahaman instruksi sesudah penerapan teknik DTT pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk ? (3) Apakah penerapan teknik DTT dapat meningkatkan kemampuan pemahaman instruksi sederhana pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman instruksi sederhana melalui penggunaan Teknik Discreate Training (DTT) pada autis kelas dasar II SLB Negeri Pembina Makassar Sentra PK-PLK. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek adalah 1 orang murid yang mengalami autis di kelas dasar II di SLB Pembina Sentra Pk-Plk Makassar. Teknik pengumpulan data melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Dapat disimpulkan hasil penelitian, sebagai berikut: (1) Kemampuan pemahaman insturksi sederhana sebelum penerapan teknik DTT pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk rendah. (2) Kemampuan pemahaman insturksi sederhana setelah penerapan teknik DTT pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk menunjukkan perubahan secara menaik. (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman instruksi sederhana melalui penerapan teknik DTT pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk. Artinya metode Discreate Trial Trainning dapat meningkatkan pemahaman instruksi pada anak autis kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Makassar Sentra Pk-Plk.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:39
Last Modified: 11 Feb 2022 08:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22080

Actions (login required)

View Item View Item