PENGARUH PENDEKATAN MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA KELAS IV SD NEGERI KALUKUANG III MAKASSAR

ANDI CHAERUNNISA RAHMAN (2022) PENGARUH PENDEKATAN MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA KELAS IV SD NEGERI KALUKUANG III MAKASSAR.

[img] Text
ANDI CHAERUNNISA RAHMAN SKRIPSI.docx

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal.docx

Download (152kB)

Abstract

ANDI CHAERUNNISA RAHMAN, 2016. Pengaruh pendekatan multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca kelas III SD Negeri Kalukuang III Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Kasmawati, M.Si. dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pendekatan multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar. Adapun rumusan masalahnya adalah (1)Bagaimanakah penerapan pendekatan multisensori pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar? (2)Bagaimanakah kemampuan membaca sebelum dan setelah penerapan pendekatan multisensori pada anak disleksia kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar? (3) Apakah pengaruh pendekatan multisensori terhadap kemampuan membaca pada anak dilseksia kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar?. Tujuanpenelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui penerapan pendekatan multisensori pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar.(2)Untuk mengetahui kemampuan membaca sebelum dan setelah penerapan pendekatan multisensori pada anak disleksia kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar?(3)Untuk mengetahui pengaruh pendekatan multisensori terhadap kemampuan membaca pada anak dilseksia kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2).Subjek penelitian 1 orang murid yang mengalami disleksia kelas dasar IV di SD Negeri Kalukuang III Makassar. Teknik pengumpulan data dalam hal ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan (1) pendekatan multisensori dalam penerapannya dilakukan dengan menelusuri huruf yang dituliskan guru dipapan dengan kartu berwarna dan anak menyebutkan kata yang dituliskan oleh guru dan anak mempelajari kata dengan cara menuliskanya dan anak dapat mengenal kata-kata baru dengan memperhatikan kesamaan kata-kata yang telah dipelajari, (2) kemampuan membaca kata pada subjek (RAC) meningkat secara signifikan seiring dengan pemberian intervensi yang diberikan, hal ini berdasarkan pada skor yang diperoleh anak, (3) penerapan pendekatan multisensori memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa, hal ini berdasarkan skor kemampuan membaca yang diperoleh anak , sehingga pendekatan multisensori dapat efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pada murid disleksia dalam hal peningkatan kemampuan membaca.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:08
Last Modified: 11 Feb 2022 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22077

Actions (login required)

View Item View Item