Andhar (2022) PENERAPAN METODE MATHERNAL REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.
Text
SAMPUL ANDHAR HASIL.docx Download (23kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.docx Download (51kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING LAMAAAAAAA.docx Download (100kB) |
|
Text
PERSETUJUAN KELULUSAN - PD.docx Download (118kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (78kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ANDHAR.docx Download (15kB) |
|
Text
LAMPIRAN I, II, DAN III.docx Download (101kB) |
|
Text
LAMPIRAN IV.docx Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN IV.docx Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN V.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN VI.docx Download (920kB) |
|
Text
LAMPIRAN VII.docx Download (256kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP ANDHAR.docx Download (57kB) |
Abstract
Andhar, 2016. Penerapan Metode Mathernal Reflektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Kelas Dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dra. Hj. St.Kasmawati, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasssar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode mathernal reflektif pada anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa melalui metode mathernal reflektif pada anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain one-group pretes-posttest design yang mengkaji tentang penerapan metode mathernal reflektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Jumlah subjek penelitian ini adalah sebanyak 2 (dua) orang. Variabel teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan yang diberikan kepada anak sebelum dan sesudah perlakuan. Tes ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi berupa data tentang kemampuan berbahasa. Sedangkan teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap nilai kemampuan berbahasa yang diperoleh anak tunarungu baik sebelum dan sesudah penerapan metode mathernal reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kemampuan berbahasa anak tunarungu sebelum penerapan metode mathernal reflektif dalam kategori sangat kurang, sedangkan setelah penerapan metode mathernal reflektif dalam kategori baik. Artinya penerapan metode mathernal reflektif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak tunarungu kelas dasar II
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 08:01 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 08:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22076 |
Actions (login required)
View Item |