PENERAPAN METODE MATHERNAL REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK

Andhar (2022) PENERAPAN METODE MATHERNAL REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.

[img] Text
SAMPUL ANDHAR HASIL.docx

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (51kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING LAMAAAAAAA.docx

Download (100kB)
[img] Text
PERSETUJUAN KELULUSAN - PD.docx

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ANDHAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN I, II, DAN III.docx

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN IV.docx

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN IV.docx

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN V.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN VI.docx

Download (920kB)
[img] Text
LAMPIRAN VII.docx

Download (256kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP ANDHAR.docx

Download (57kB)

Abstract

Andhar, 2016. Penerapan Metode Mathernal Reflektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Kelas Dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dra. Hj. St.Kasmawati, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasssar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode mathernal reflektif pada anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa melalui metode mathernal reflektif pada anak tunarungu kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain one-group pretes-posttest design yang mengkaji tentang penerapan metode mathernal reflektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Jumlah subjek penelitian ini adalah sebanyak 2 (dua) orang. Variabel teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan yang diberikan kepada anak sebelum dan sesudah perlakuan. Tes ini dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi berupa data tentang kemampuan berbahasa. Sedangkan teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap nilai kemampuan berbahasa yang diperoleh anak tunarungu baik sebelum dan sesudah penerapan metode mathernal reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kemampuan berbahasa anak tunarungu sebelum penerapan metode mathernal reflektif dalam kategori sangat kurang, sedangkan setelah penerapan metode mathernal reflektif dalam kategori baik. Artinya penerapan metode mathernal reflektif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak tunarungu kelas dasar II

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:01
Last Modified: 11 Feb 2022 08:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item