PENERAPAN METODE APPLIED BEHAVIOR ANALISYS (ABA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS KELAS DASAR III DI SDIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

Asniar (2022) PENERAPAN METODE APPLIED BEHAVIOR ANALISYS (ABA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS KELAS DASAR III DI SDIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR.

[img] Text
01. bagian depan.docx

Download (48kB)
[img] Text
02. BAB 1, 2, 3, 4, 5.docx

Download (211kB)
[img] Text
03. LAMPIRAN.docx

Download (9MB)
[img] Text
04. jurnalQ.docx

Download (85kB)

Abstract

Asniar, 2016. Penerapan Metode Applied Behavior Analisys (ABA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Non Verbal Pada Anak Autis Kelas Dasar di SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Dibimbing oleh Dr.Usman, M.Si dan Dr.Bastiana,M.Si,. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalahpenelitian ini adalah“Bagaimanakah penerpan metode ABA dapat meningkatkan bahasa non verbal anak autis di kelas dashar III SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi non verbal anak autis di kelas dasar III SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek penelitian ini adalah 1 orang siswa yang diindikasi mengalami gangguan berkomunikasi khususnya bahasa non verbal (memahami ekspresi wajah) di kelas dasar III SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap baseline (A1) data yang diperoleh cenderung mendatar artinya kondisi sudah menunjukkan data stabil dan telah menunjukkan arah yang jelas dan pada tahap intervensi (B) data yang diperoleh meningkat, pada tahap baseline (A2) data yang diperoleh meningkat. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa aktivitas dapat meningkatkan kemampuan komunikasi non verbal siswa autis di kelas dasar III SDIT Wihdatul Ummah Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:05
Last Modified: 11 Feb 2022 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22071

Actions (login required)

View Item View Item