PENGGUNAAN JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB-B YPPLB MAKASSAR

RIFA’AH AMALIAH (2022) PENGGUNAAN JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB-B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (18kB)
[img] Text
Halaman Depan.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 1-8.docx

Download (7MB)
[img] Text
Persuratan dan Riwayat Hidup.docx

Download (1MB)

Abstract

Rifa’ah Amaliah, 2016. “Penggunaan Jarimatika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Usman. M,Si dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah ketidakmampuan murid tunarungu dalam berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan yang bernilai angka ganjil dan bernilai angka puluhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar berhitung murid tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar melalui penggunaan jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar berhitung melalui penggunaan jarimatika pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian ini adalah murid tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 2 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan dokumentasi hasil belajar murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata�rata hasil belajar berhitung murid tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar sebelum penggunaan jarimatika dengan melihat kategori penilaian termasuk dalam kategori sangat kurang. Sedangkan setelah penggunaan jarimatika murid tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar mengalami peningkatan dengan melihat kategori penilaian menjadi kategori baik dan baik sekali. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar berhitung murid tunarungu kelas dasar IV di SLB-B YPPLB Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:24
Last Modified: 10 Feb 2022 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22070

Actions (login required)

View Item View Item