PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN BABY FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERBENDAHARAAN KATA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLBN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Syamsul. (2022) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN BABY FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERBENDAHARAAN KATA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLBN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul sampai Daftar Isi.docx

Download (115kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.docx

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (52kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.docx

Download (12MB)
[img] Text
jurnal Syamsul.docx

Download (434kB)

Abstract

Syamsul. 2016. Penggunaan media permainan Baby Flashcard untuk meningkatkan kemampuan perbendaharaan kata murid Tunagrahita Ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M. Hum dan Dr. Usman, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasssar Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan perbendaharaan kata murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan pembendaharaan kata murid Tunagrahita Ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum menggunakan media permainan Baby Flashcard?, Bagaimanakah kemampuan pembendaharaan kata murid Tunagrahita Ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa setelah menggunakan media permainan Baby Flashcard?, dan apakah ada peningkatan perbendahraan kata murid Tunagrahita Ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penggunaan media permainan Baby Flashcard?. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan perbendaharaan kata murid Tunagrahita Ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penggunaan media permainan Baby Flashcard. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Tunagrahita Ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah empat orang murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan perbendaharaan kata sebelum penggunaan media Baby FlashCard berada pada kategori kurang mampu, sedangkan setelah penggunaan media Permainan Baby Flashcard kemampuan perbendaharaan berada pada kategori mampu. Artinya ada peningkatan kemampuan perbendaharaan kata murid Tunagrahita Ringan kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penggunaan media permainan Baby Flashcard, Hal ini berarti bahwa media permainan Baby Flashcard dapat memberikan konstribusi positif terhadap peningkatan kemampuan perbendaharaan kata murid tunagrahita ringan khususnya pada murid di kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:00
Last Modified: 10 Feb 2022 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22068

Actions (login required)

View Item View Item