PENGAJARAN BINA BICARA DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN KOSAKATA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI MAKASSAR

MUHAMMAD AMIR ISKA (2022) PENGAJARAN BINA BICARA DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN KOSAKATA PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
MOTTO DAN PERUNTUKKAN.docx

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
Bab 3.docx

Download (34kB)
[img] Text
Bab 4.docx

Download (85kB)
[img] Text
Bab 5.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lamp. Dokumentasi.doc

Download (13MB)
[img] Text
Lamp. HASIL PRE TEST DAN POST TEST.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lamp. Instrumen Penelitian.docx

Download (8MB)

Abstract

MUHAMMAD AMIR ISKA. 2016. “Pengajaran bina bicara dalam meningkatkan kemampuan mengucapkan kosakata pada murid kelas dasar II di SLB Negeri Makassar” Skripsi di bimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M. Si dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Makassar yang mengalami kesulitan dalam hal mengucapkan kosakata. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II sebelum diberikan pengajaran bina bicara ? (2) Bagaimana pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara ? (3) Apakah ada peningkatan pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah pengajaran bina bicara ?.Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II sebelum diberikan pengajaran bina bicara ? (2) Untuk mengetahui pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara ? (3) Untuk mengetahui adakah peningkatan pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah pengajaran bina bicara ?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif�kuantitatif. Adapun subjek penelitian sebanyak 2 orang murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Makassar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data yaitu dengan tes, dokumentasi, dan pengamatan sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan mengucapkan kosakata pada murid tunarungu kelas dasar II sebelum diberikan pengajaran bina bicara terdapat satu (1) murid dalam kategori sangat kurang dan satu (1) murid dalam kategori kurang sedangkan kemampuan mengucapkan kosakata pada murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara secara intensif terdapat satu (1) murid dalam kategori baik dan satu (1) murid dalam kategori baik sekali. Maka dari itu, ada peningkatan kemampuan mengucapkan kosakata pada murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara ix PRAKATA Bismillahirahmanirahim.. Segala puji hanya milik Allah Subhanahu WaTa’ala, yang tidak peMUHAMMAD AMIR ISKA. 2016. “Pengajaran bina bicara dalam meningkatkan kemampuan mengucapkan kosakata pada murid kelas dasar II di SLB Negeri Makassar” Skripsi di bimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M. Si dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Makassar yang mengalami kesulitan dalam hal mengucapkan kosakata. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II sebelum diberikan pengajaran bina bicara ? (2) Bagaimana pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara ? (3) Apakah ada peningkatan pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah pengajaran bina bicara ?.Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II sebelum diberikan pengajaran bina bicara ? (2) Untuk mengetahui pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara ? (3) Untuk mengetahui adakah peningkatan pengucapan kosakata murid tunarungu kelas dasar II setelah pengajaran bina bicara ?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif�kuantitatif. Adapun subjek penelitian sebanyak 2 orang murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Makassar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data yaitu dengan tes, dokumentasi, dan pengamatan sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan mengucapkan kosakata pada murid tunarungu kelas dasar II sebelum diberikan pengajaran bina bicara terdapat satu (1) murid dalam kategori sangat kurang dan satu (1) murid dalam kategori kurang sedangkan kemampuan mengucapkan kosakata pada murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara secara intensif terdapat satu (1) murid dalam kategori baik dan satu (1) murid dalam kategori baik sekali. Maka dari itu, ada peningkatan kemampuan mengucapkan kosakata pada murid tunarungu kelas dasar II setelah diberikan pengajaran bina bicara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:47
Last Modified: 10 Feb 2022 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item