PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI EDU GAMES PADA MURID AUTIS KELAS DASAR III DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK

ARDIANSYAH ARAS (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI EDU GAMES PADA MURID AUTIS KELAS DASAR III DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO,ABSTRAK, SAMPUL.docx

Download (731kB)
[img] Text
SKIRIPSI.docx

Download (20MB)

Abstract

ARDIANSYAH ARAS.2016.Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Edu Games Pada Murid Autis Kelas Dasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi ini dibimbing oleh Dr.Bastiana ,M.Si. dan Dra.Hj.St.Murni,M.Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu dua orang murid autis yang memiliki kemampuan mengenal huruf yang rendah di Kelas Dasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui edu games pada murid autis Kelas Dasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Berdasarkan pada masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada murid autis kelas kasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK sebelum dan sesudah penggunaan edu games. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mengetahui gambaran kemampuan mengenal huruf pada murid autis Kelas Dasar III sebelum dan sesudah penggunaan edu games di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK�PLK. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Autis Kelas Dasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yang berjumlah dua murid yang tergolong kelompok pasif. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf sebelum penggunaan edu games berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penggunaan edu games terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf pada murid auti Kelas Dasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf pada murid autis kelas dasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK dari kategori kurang menjadi kategori baik, berarti edu games terbukti efektif meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada murid autis kelas dasar III di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK�PLK..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:08
Last Modified: 10 Feb 2022 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22064

Actions (login required)

View Item View Item