Article #22063

ROSYIDA (2022) UNSPECIFIED

[img] Text
1 sampul dpn.docx

Download (15kB)
[img] Text
2 sampul II.docx

Download (17kB)
[img] Text
2apengesahan.docx

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
3 MOTTO DAN PERUNTUKKAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
5 PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
7 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.docx

Download (13kB)
[img] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SIDA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRANKU.docx

Download (12kB)
[img] Text
LAMP 1.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMP 2.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMP 3.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMP 4A.docx

Download (28kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

ROSYIDA, 2016. “Penggunaan Model Word Square Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Braille Pada Siswa Tunanetra Kelas Dasar II SLB-A YAPTI Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Drs. H. Syamsuddin, M.Si.. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan membaca permulaan Braille pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan braille pada siswa tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar sebelum menggunakan model Word Square?, 2) Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan braille pada siswa tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar sesudah menggunakan model Word Square?, 3) Apakah dengan penggunaan model word square ada peningkatan kemampuan membaca permulaan braille pada siswa tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan braille pada siswa tunanetra Kelas Dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar yang berjumlah 4 orang, terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca kata kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar sebelum penggunaan model word square tergolong sangat kurang dan kurang baik, 2) Kemampuan membaca kata kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar setelah penggunaan model word square baik dan sangat baik, dan 3) Ada peningkatan kemampuan membaca permulaan (kata) melalui penggunaan model word square pada siswa tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan word square dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan braille pada siswa tunanetra kelas Dasar II SLB-A YAPTI Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:59
Last Modified: 10 Feb 2022 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22063

Actions (login required)

View Item View Item