PENGGUNAAN FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

HASRIANTI (2022) PENGGUNAAN FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. (In Press)

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 2 3 4 5, DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN BELAKANG.docx

Download (3MB)

Abstract

HASRIANTI, 2016. Penggunaan Flashcard Dalam Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak Tunaungu Kelas Dasar III SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M. Si dan Dr. Mustafa, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini rendahnya perbendaharaan kata benda pada anak tunarungu. Rumusan masalahnya adalah : Bagaimanakah kemampuan perbendaharaan kata sebelum dan sesudah penggunaan flashcard pada anak tunarungu kelas dasar III SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peeningkatan perbendaharaan kata pada pada murid tunarungu kelas dasar III SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penggunaan flashcard. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan deskriptif yaitu melakukan pembelajaran untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak tunarungu melaui flashcard. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunarungu kelas dasar III SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap skor hasil tes yang diperoleh anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; perbendaharaan kata sebelum penggunaan flashcard berada pada kategori sangat kurang dan setelah penggunaan flahcard pada tes akhir, terjadi peningkatan perbendaharran kata melalui penggunaan flashcard pada anak tunarungu kelas III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa yaitu berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan flashcard dapat meningkatkan kemampuan perbendaharaan kata pada anak tunarungu kelas dasar III di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:52
Last Modified: 10 Feb 2022 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22060

Actions (login required)

View Item View Item