PENERAPAN TEKNIK POLAMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN SISWA TUNANETRA KELAS DASAR IV SLB-A YAPTI MAKASSAR

Evi damayant (2022) PENERAPAN TEKNIK POLAMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN SISWA TUNANETRA KELAS DASAR IV SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (33kB)
[img] Text
sampul dalam.docx

Download (32kB)
[img] Text
halaman awal.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (34kB)
[img] Text
4. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Evi damayanti. 2016. Penerapan teknik polamatika dalam meningkatkan kemampuan operasi perkalian siswa tunanetra kelas dasar IV di SLB-A YAPTI Makassar. Dibimbing Oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Jurusan pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik polamatika dalam meningkatkan kemampuan operasi perkalian (perkalian lanjutan ) pada siswa tunanetra kelas dasar IV SLB-A YAPTI Makassar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mengoperasikan perkalian yang masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik polamatika dalam meningkatkan kemampuan operasi perkalian pada siswa tunanetra kelas dasar IV SLB-A YAPTI Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang dipergunakan adalah desain subyek tunggal atau Single Subject Research A-B-A (A (Baseline 1) - B (Intervensi) - A (Baseline 2)). Subyek penelitian adalah siswa total blind. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan operasi perkalian pada siswa tunanetra kelas dasar IV SLB-A YAPTI Makassar sebelum penerapan teknik polamatika (A1) rendah karena siswa sama sekali belum mampu mengoperasikan operasi perkalian, (2) kemampuan operasi perkalian pada siswa tunanetra kelas dasar IV SLB-A YAPTI Makassar pada saat penerapan teknik polamatika (B) mengalami peningkatan yang ditinjau oleh mean level yang menaik, trend grafik menaik positif dan kecenderungan arah yang stabil walaupun belum stabil (3) kemampuan operasi perkalian pada siswa tunanetra kelas dasar IV SLB-A YAPTI Makassar setelah penerapan teknik polamatika (B2) tetap meningkat dan telah mencapai target behavior pada operasi perkalian bilangan puluhan dengan satuan dan puluhan dengan puluhan, Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan kemampuan operasi perkalian pada siswa tunanetra di SLB-A YAPTI Makassar dengan menerapkan teknik polamatika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:26
Last Modified: 10 Feb 2022 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22058

Actions (login required)

View Item View Item