PENINGKATAN KEMAMPUAN MERAPIKAN TEMPAT TIDUR MELALUI PENERAPAN TACTUAL MODELING PADA ANAK TUNANETRA DI ASRAMA SLB-A YAPTI MAKASSAR

SRI ADRIANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MERAPIKAN TEMPAT TIDUR MELALUI PENERAPAN TACTUAL MODELING PADA ANAK TUNANETRA DI ASRAMA SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SRI ADRIANTI.docx

Download (31MB)

Abstract

SRI ADRIANTI, 2016. Peningkatan kemampuan Merapikan Tempat Tidur Melalui Penerapan Tactual Modeling Pada Anak Tunanetra Di Asrama SLB-A Yapti Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M.Hum dan Dr. Purwaka Hadi, M. Si; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah kemampuan merapikan tempat tidur melalui penerapan Tactual modeling pada anak tunanetra di asrama SLB-A Yapti Makassar? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kemampuan merapikan tempat tidur melalui penerapan tactual modeling pada anak Tunanetra di asrama SLB-A Yapti Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak tunanetra yang baru masuk di asrama SLB-A Yapti Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini terdiri dari teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merapikan tempat tidur pada anak tunanetra di Asrama SLB-A Yapti Makassar sebelum penerapan tactual modeling berada dalam kategori tidak mampu. Hasil merapikan tempat tidur pada anak tunanetra di asrama SLB-A Yapti Makassar setelah penerapan tactual modeling berada di kategori mampu. Artinya ada peningkatan kemampuan merapikan tempat tidur melalui penerapan tactual modeling pada anak tunanetra di asrama SLB-A Yapti Makassar dengan ini sehingga anak mampu merapikan tempat tidurnya sendiri dengan baik. Hal tersebut mengindikasikan bahwa melalui penerapan tactual modeling dapat meningkatkan kemampuan merapikan tempat tidur pada anak tunanetra di asrama SLB-A Yapti Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:57
Last Modified: 10 Feb 2022 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item View Item