PENERAPAN LATIHAN MOTORIK HALUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK

ANSAR MULIADI (2022) PENERAPAN LATIHAN MOTORIK HALUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.

[img] Text
Cover depan.docx

Download (15kB)
[img] Text
Cover dalam.docx

Download (19kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing & Pengesahan Skripsi.docx

Download (45kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
Moto, Persembahan, Abstrak, dan Prakata.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DLL.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I 01.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I 02.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II 01.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II 02.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III 01.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB III 02.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV 01.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV 02.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB V 01.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB V 02.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
INSTRUMEN PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (96kB)

Abstract

ANSAR MULIADI, 2016, Penerapan Latihan Motorik Halus untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M.Hum dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis permulaan pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK dengan penerapan latihan motorik halus. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK dengan penerapan latihan motorik halus. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK dengan penerapan latihan motorik halus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis permulaan sebelum dan setelah penerapan latihan motorik halus pada murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yang berjumlah 1 (satu) orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis permulaan setelah penerapan latihan motorik halus yang sebelumnya berada pada kategori tidak mampu menjadi kategori mampu pada murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Kesimpulan, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan pada murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK dapat ditingkatkan dengan penerapan latihan motorik halus.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:50
Last Modified: 08 Feb 2022 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22051

Actions (login required)

View Item View Item