PENGARUH PENERAPAN METODE ANALISIS GLASS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA DI KELAS IV SD NEGERI KALUKUANG III MAKASSAR

FATMAWATI (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE ANALISIS GLASS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA DI KELAS IV SD NEGERI KALUKUANG III MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (50kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (9MB)
[img] Text
Naskah Skripsi.docx

Download (10MB)

Abstract

FATMAWATI, 2016. Pengaruh Penerapan Metode Analisis Glass terhadap Kemampuan Membaca pada Anak Disleksia di Kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Si. dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan metode analisis glass terhadap kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar. Adapun rumusan masalahnya ada 3 diantaranya (1) Bagaimanakah penerapan metode analisis glass pada anak disleksia?, (2) Bagaimanakah kemampuan membaca anak disleksia sebelum dan setelah penerapan metode analisis glass?, dan (3) apakah ada pengaruh penerapan metode analisis glass terhadap kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan metode analisis glass pada anak disleksia, (2) untuk mengetahui kemampuan membaca pada anak disleksia sebelum dan setelah penerapan metode analisis glass, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode analisis glass terhadap kemampuan membaca pada anak disleksia di kelas IV SD Negeri Kalukuang III Makassar. Dalam hal ini digunakan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek adalah 1 orang murid yang dapat disimpulkan mengalami disleksia kelas dasar IV di SD Negeri Kalukuang III Makassar. Teknik pengumpulan data dalam hal ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan (1) metode analisis glass dalam penerapannya dilakukan dengan memecahkan kode sandi sebelum membaca menggunakan kartu kata, kode sandi tersebut berupa pecahan kata mennjadi suku kata dan huruf, (2) kemampuan membaca kata pada subjek (JA) meningkat secara signifikan seiring dengan pemberian intervensi yang diberikan, hal ini berdasarkan pada skor yang diperoleh anak, (3) penerapan metode analisis glass memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa, hal ini berdasarkan skor kemampuan membaca yang diperoleh anak , sehingga metode analisis glass dapat efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pada murid disleksia dalam hal peningkatan kemampuan membaca.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:40
Last Modified: 08 Feb 2022 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22050

Actions (login required)

View Item View Item