CHRISTINA LUKUHAY (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN POHON ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB PELITA KASIH AMBON.
Text
0. Sampul.docx Download (38kB) |
|
Text
1. Halaman Depan, Daftar Isi dll.docx Download (55kB) |
|
Text
2. BAB I.doc Download (77kB) |
|
Text
3. BAB II.doc Download (127kB) |
|
Text
4. BAB III.doc Download (69kB) |
|
Text
5. BAB IV.doc Download (372kB) |
|
Text
6. BAB V.doc Download (57kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.doc Download (58kB) |
|
Text
8. Lampiran.doc Download (3MB) |
|
Text
9. RIWAYAT HIDUP.doc Download (154kB) |
Abstract
Christina Luhukay 2016. Penerapan Metode Bermain Pohon Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Pelita Kasih Ambon. Skripsi, dibimbing oleh Dr. Mustafa, M. Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal angka untuk anak tunagrahita ringan di Kelas dasar II SLB Pelita Kasih Ambon. Rumusan masalah bagaimanakah penerapan metode bermain pohon angka untuk anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Pelita Kasih Ambon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka untuk anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Pelita Kasih Ambon. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 anak yaitu, satu laki-laki dan satu perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal angka untuk anak tunagrahita ringan di SLB Pelita Kasih Ambon sebelum diberikan penerapan metode bermain pohon angka berada dalam kategori tidak mampu. Sedangkan setelah diterapkan metode bermain pohon angka dapat dikatakan mampu. Kesimpulan adalah terdapat peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Pelita Kasih Ambon sesudah penerapan metode bermain pohon angka, berada pada kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan atau dalam kategori tuntas. Selanjutnya kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Pelita Kasih Ambon sesudah penerapan metode bermain pohon angka berada di atas kriteria ketuntasan minimal. Artinya dalam penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan mengenal angka pada anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain pohon angka.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 06:26 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 06:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22048 |
Actions (login required)
View Item |