PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA PROVINSI SULAWESI SELATAN

HEIN. F. RALAHALU (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
1. Sampul Belakang OKE.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB I Pak Hein Ujian.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II Pak Hein Ujian.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III Pak Hein Ujian.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV Pak Hein Ujian.docx

Download (98kB)
[img] Text
BAB V Ujian.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (31kB)
[img] Text
INSTRUMEN Refisi Ok..docx

Download (3MB)

Abstract

HEIN. F. RALAHALU, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si. dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca kata pada siswa tunagrahita ringan kelas IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan membaca kata membaca kata pada siswa tunagrahita ringan kelas IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match dalam meningkatkan kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 4 (empat) murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match, maka nilai yang diperoleh keempat murid tersebut jika dihubungkan dengan kriteria penapsiran data atau acuan pengambilan kesimpulan mak murid (SPL) berada pada kategori “sangat kurang” sedangkan murid (BRK, SYF, DL) berada pada kategori “kurang”. 2) kemampuan membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, nilai yang diperoleh keempat murid tersebut jika dihubungkan dengan kriteria penapsiran data atau acuan pengambilan kesimpulan maka murid (DL) berada pada kategori “baik” sedangkan murid (BRK, SYF, SPL) berada pada kategori “cukup”. 3) terdapat peningkatan kemampuan membaca kata melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:20
Last Modified: 08 Feb 2022 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22047

Actions (login required)

View Item View Item