PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SLB NEGERI BATU MERAH AMBON

PATTIMA KAPLALE (2022) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SLB NEGERI BATU MERAH AMBON.

[img] Text
0. SAMPUL.docx

Download (18kB)
[img] Text
1. Halaman Depan, Daftar Isi Dll.docx

Download (65kB)
[img] Text
2. BAB I.doc

Download (61kB)
[img] Text
3. BAB II.doc

Download (207kB)
[img] Text
4. BAB III.doc

Download (139kB)
[img] Text
5. BAB IV.docx

Download (78kB)
[img] Text
6. BAB V.docx

Download (29kB)
[img] Text
7. Daftar Pustakak.doc

Download (49kB)
[img] Text
8. Lampiran.doc

Download (1MB)
[img] Text
9. Riwayat Hidup.doc

Download (124kB)

Abstract

PATTIMA KAPLALE, 2016. Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas VIII Di SLBN Batu Merah Ambon. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M. Si. dan Drs. Mufa’adi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan media gambar berseri pada murid tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Negeri Batu Merah Ambon? Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan media gambar berseri pada murid tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Negeri Batu Merah Ambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang murid tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan sebelum penggunaan media gambar berseri, keempat murid (FP, AM, TR, HT) berada pada kategori “kurang”. Selanjutnya hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan sesudah penggunaan media gambar berseri, dari keempat murid yakni FP dan AM berada pada kategori “cukup” sedangkan murid TR dan HT berada pada kategori “baik”. Terdapat peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Negeri Batu Merah Ambon melalui penggunaan media gambar berseri.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:15
Last Modified: 08 Feb 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22046

Actions (login required)

View Item View Item