PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI HARURU KABUPATEN MALUKU TENGAH

ADRIANA MAATOKE (2022) PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI HARURU KABUPATEN MALUKU TENGAH.

[img] Text
0. Cover.docx

Download (39kB)
[img] Text
1. Halaman Depan, Daftar Isi dll.docx

Download (57kB)
[img] Text
2. BAB I.rtf

Download (154kB)
[img] Text
3. BAB II.rtf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (37kB)
[img] Text
5. BAB IV.doc

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
8. Lampiran.rtf

Download (6MB)
[img] Text
9. Riwayat Hidup.doc

Download (4MB)

Abstract

ADRIANA MAATOKE, 2016. ”Penggunaan Media Kartu Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Haruru Kabupaten Maluku Tengah”. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H Abdul Hadis, M. Pd. dan Dra. Tatiana Meidina, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini di latar belakangi dari hasil pembelajaran bina diri anak tunagrahita ringan yang sangat rendah, dimana anak belum mampu melakukan kemampuan menggosok gigi dengan baik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Haruru Kabupaten Maluku Tengah melalui penggunaan media kartu gambar? Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Haruru Kabupaten Maluku Tengah melalui penggunaan media kartu gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 1 (satu) anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Haruru Kabupaten Maluku Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Haruru Kabupaten Maluku Tengah sebelum penggunaan media kartu gambar berada pada kategori tidak mampu. Selanjutnya kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Haruru Kabupaten Maluku Tengah sesudah penggunaan media kartu gambar berada pada kategori mampu. Subjek Mampu melakukan sebagian besar aktifitas menggosok gigi. Terdapat beberapa aktifitas menggosok gigi pada anak yang membutuhkan bantuan orang lain dan bahkan tidak mampu dilakukan oleh subjek AN secara mandiri. Olehnya itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Haruru Kabupaten Maluku Tengah melalui penggunaan media kartu gambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:10
Last Modified: 08 Feb 2022 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22045

Actions (login required)

View Item View Item