PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN LITERAL PADA ANAK TUNANETRA KELAS DASAR V DI SLB NEGERI PAMBOANG KABUPATEN MAJENE

MUHAMMAD ASWAT DJASMAN (2022) PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN LITERAL PADA ANAK TUNANETRA KELAS DASAR V DI SLB NEGERI PAMBOANG KABUPATEN MAJENE.

[img] Other
Muhammad Aswat Djasman...1245040083.dot

Download (59MB)
[img] Text
Muhammad Aswat Djasman...1245040083.docx

Download (88MB)

Abstract

MUHAMMAD ASWAT DJASMAN, 2016. “Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Pada Anak Tunanetra Kelas Dasar V Di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin, M.Si dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak tunanetra yang mengalami kekurangan dalam membaca pemahaman literal pada kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman literal sebelum penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene?, (2) Bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman literal setelah penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene?, (3) Apakah penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman literal sebelum penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene, (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman literal setelah penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene, (3) Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman literal melalui penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dsar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunanetra kelas dasar V. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman literal sebelum penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang menunjukkan kategori kurang kemudian kemampuan membaca pemahaman literal setelah penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang menunjukkan kategori baik sekali dan terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman literal melalui penerapan metode SQ3R pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada anak tunanetra kelas dasar V di SLB Negeri Pamboang Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:55
Last Modified: 08 Feb 2022 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22040

Actions (login required)

View Item View Item