WIWI PRATIWI KATSAM (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE FERNALD PADA MURID LOW VISION KELAS DASAR I DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.
Text
SAMPUL.docx Download (17kB) |
|
Text
persetujuan hasil.docx Download (110kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI (2).docx Download (45kB) |
|
Text
~$TTO,ABSTRAK, SAMPUL.docx Download (162B) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB IV 1 - Copy.docx Download (67kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 KISI-KISI INSTRUMEN.docx Download (17kB) |
|
Text
~$MPIRAN 8 DOKUMENTASI.docx Download (162B) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (29kB) |
Abstract
WIWI PRATIWI KATSAM. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Fernald pada Murid Low Vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi ini dibimbing oleh Dr.Purwaka Hadi,M.Si. dan Dra.Hj.St.Murni,M.Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid low vision yang memiliki kemampuan menulis permulaan yang rendah di Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Fernald dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Berdasarkan pada masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan melalui metode Fernald pada murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis permulaan murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yang berjumlah satu murid. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan menulis permulaan sebelum penerapan metode Fernald berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penerapan metode Fernald terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode Fernald dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 01:22 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 01:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22035 |
Actions (login required)
View Item |