PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE FERNALD PADA MURID LOW VISION KELAS DASAR I DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK

WIWI PRATIWI KATSAM (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE FERNALD PADA MURID LOW VISION KELAS DASAR I DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PK-PLK.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (17kB)
[img] Text
persetujuan hasil.docx

Download (110kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI (2).docx

Download (45kB)
[img] Text
~$TTO,ABSTRAK, SAMPUL.docx

Download (162B)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV 1 - Copy.docx

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (17kB)
[img] Text
~$MPIRAN 8 DOKUMENTASI.docx

Download (162B)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (29kB)

Abstract

WIWI PRATIWI KATSAM. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Fernald pada Murid Low Vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Skripsi ini dibimbing oleh Dr.Purwaka Hadi,M.Si. dan Dra.Hj.St.Murni,M.Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang murid low vision yang memiliki kemampuan menulis permulaan yang rendah di Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Fernald dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Berdasarkan pada masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan melalui metode Fernald pada murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis permulaan murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yang berjumlah satu murid. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan menulis permulaan sebelum penerapan metode Fernald berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penerapan metode Fernald terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan pada murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode Fernald dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada murid low vision Kelas Dasar I di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra PK-PLK.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:22
Last Modified: 08 Feb 2022 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22035

Actions (login required)

View Item View Item