PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE ABJAD PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

SITTI RAHMAYATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE ABJAD PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

SITTI RAHMAYATI, 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Metode Abjad Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II/C Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul Hadis, M.Pd. Dan Dra. Hj. St. Murni, M. Hum. pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan di Kelas Dasar II/C SLB Negeri Somba Opu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode abjad dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa? Tujuan Penilitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode Abjad pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II/C SLB N Somba Opu Kabupaten Gowa. pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah tiga orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II/C di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk tes lisan yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pada murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II D SLB N Somba Opu Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum diberikan penerapan metode abjad berada pada kategori sangat kurang, Kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah diberikan penerapan metode abjad berada pada kategori baik. Terdapat bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa dengan penerapan metode abjad. Dapat disimpulkan metode abjad dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. v

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:05
Last Modified: 08 Feb 2022 01:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item View Item