PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS DASAR V SLB – D YPAC MAKASSAR

SARTIKA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS DASAR V SLB – D YPAC MAKASSAR.

[img] Text
BAB I-LAM.docx

Download (5MB)

Abstract

Sartika, 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Aktivitas Mozaik pada Siswa Cerebral Palsy di Kelas Dasar V SLB-D YPAC Makassar. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “apakah aktivitas mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa cerebral palsy di kelas dasar V SLB-D YPAC Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus siswa cerebral palsy di kelas dasar V SLB-D YPAC Makassar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Subjek penelitian ini adalah 1 orang siswa yang diindikasi mengalami gangguan motorik halus di kelas dasar V SLB-D YPAC Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap baseline (A1) data yang diperoleh cenderung mendatar artinya kondisi sudah menunjukkan data stabil dan telah menunjukkan arah yang jelas dan pada tahap intervensi (B) data yang diperoleh meningkat, pada tahap baseline (A2) data yang diperoleh meningkat. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa aktivitas mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus siswa cerebral palsy di kelas dasar V SLB-D YPAC Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:01
Last Modified: 08 Feb 2022 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22032

Actions (login required)

View Item View Item