PERSEPSI TERHADAP UPAYA PELESTARIAN TARI SALONRENG PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 15 BULUKUMBA TAHUN AJARAN 2020/2021

RADIATUL AULIA, JISMI (2021) PERSEPSI TERHADAP UPAYA PELESTARIAN TARI SALONRENG PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 15 BULUKUMBA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
artikel jismi.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perespsi siswa kelas XI MIA terhadap Tari Salonreng di SMA Negeri 15 Bulukumba dan bagaimana persepsi siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 15 Bulukumba terhadap pelestarian Tari Salonreng . Data hasil penelitian diperoleh dengan meberikan angket kepada siswa yang berisi daftar pertayaan secara tertulis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Survey Kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu persepsi siswa terhadap tari Salonreng, sebagian siswa dari sampel yang di ambil sebanyak 30 orang mengetahui dengan adanya tarian ini, karena sebagian dari mereka atau sekitar 50% memiliki sanggar seni diluar sekolah dan sering mementaskan tarian ini dan beberapa dari mereka juga yang pernah melihat tarian ini disebuah pementasan seni, mereka juga mengetahui gerakan, kostum yang digunakan dan sejarah awal mula adanya Tari Salonreng akan tetapi adapula siswa yang belum pernah melihat tarian ini dan tidak mengetahui sama sekali dengan adanya tarian ini sekitar 50% . Adapaun persepsi siswa tentang pelestarian Tari Salonreng ini bebrapa dari mereka atau sekitar 70% berpendapat hendaknya tarian ini perlu dilestarikan degan cara menampilkan tarian ini di setiap pementasan seni dengan bantuan Dinas yang terkait yaitu Dinas pariwisata yang diamanahkan untuk melestarikan suatu budaya tradisional. Siswa juga berpendapat bahwa sanggar seni sangat berperang penting untuk mewadahi generasi muda yang akan datang, karena sanggar seni ini merupakan tempat yang bisa mengajarkan tari-tari tradisional khusunya Tari Salonreng, mereka juga berpendapat bahwa pemerintah setempat telah melakukan upaya pelestarian budaya tradisional khususnya Tari Slonreng ini dengan cara mengadakan festival budaya yang diselenggarakan tiap tahunya dan menampilkan Tari Salonreng. Namun sebagian siswa juga berpendapat atau sekitar 30% yang memang tidak peduli dengan pelestarian tari tradsional khususnya Tari Salonreng ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:38
Last Modified: 12 Apr 2022 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22024

Actions (login required)

View Item View Item