METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI SUARA DALAM PADUAN SUARA ANAK SEKOLAH MINGGU GEREJA TORAJA JEMAAT EFRATA PATTEDONG DI KABUPATEN LUWU

THEOSOFI FEBRILIA, UTARI (2021) METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI SUARA DALAM PADUAN SUARA ANAK SEKOLAH MINGGU GEREJA TORAJA JEMAAT EFRATA PATTEDONG DI KABUPATEN LUWU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Utari.pdf

Download (1MB)

Abstract

Paduan suara anak merupakan kegiatan yang diperlukan guna melatih anak dalam bernyanyi, bekerjasama dan melatih kekompakan. peneliti tergugah untuk mengadakan penelitian mengenai metode simulasi untuk meningkatkan produksi suara dalam paduan suara anak sekolah minggu gereja toraja di Jemaat Efrata Pattedong di Kabupaten Luwu yang memiliki tujuan yaitu untuk mengasah keterampilan anak dalam bernyanyi bersama, mengungkapkan rasa senang dan sedih dalam bernyanyi, bekerjasama didalam kelompok paduan suara, serta memberikan pengalaman anak untuk tampil percaya diri di hadapan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang (1) Bagaimana Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan produksi suara dalam paduan suara anak sekolah minggu gereja toraja jemaat efrata pattedong di kabupaten luwu. (2) Bagaimana tingkat keberhasilan penerapan metode simulasi untuk meningkatkan produksi suara dalam paduan suara anak sekolah minggu gereja toraja jemaat efrata pattedong di kabupaten luwu. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, lebih tepatnya yaitu penerapan metode simulasi untuk meningkatkan produksi suara untuk anak paduan suara sekolah minggu. Berdasarkan metode penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa peningkatan produksi suara dengan menggunakan metode simulasi dimana metode simulasi dalam hal ini yaitu melakukan jenis tiruan peristiwa nyata dimana anggota padus memerankan seolah-olah menjadi peserta perlombaan paduan suara gereja yang dimana ada tiga jenis metode simulasi yang peneliti gunakan diantaranya metode simulasi secara terpisah dimana semua anggota padus tersebut dibagi secara terpisah dari masing-masing jenis suara anak sebagai awal untuk mempermudah. Kemudian metode simulasi yang kedua yaitu metode simulasi secara melingkar yang dibentuk secara melingkar untuk mempertahankan suara paduan suara anak agar saling tidak terpengaruh dengan jenis suara yang lain. Setelah itu metode simulasi ketiga yaitu metode simulasi yang digabungkan yaitu berbaris secara melengkung dengan mengarah kedepan serta mengurutkan jenis suara agar terdengar harmonis. Tingkat keberhasilan dalam metode simulasi untuk meningkatkan produksi suara sebelum dan sesudah yaitu dimana kondisi paduan suara anak yang belum diberikan metode simulasi belum terlihat biasa�biasa saja (Penggunaan teknik vokal yang belum benar). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa metode simulasi untuk meningkatkan produksi suara dalam paduan suara anak di jemaat Efrata Pattedong di Kabupaten Luwu pada siklus I mendapatkan nilai 66,3 pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,35 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil metode simulasi untuk meningkatkan produksi suara dikatakan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:38
Last Modified: 12 Apr 2022 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22023

Actions (login required)

View Item View Item