PENGGUNAAN MEDIA PIAS KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID DISLEKSIA KELAS II SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

MUH. NURUL IQBAL (2022) PENGGUNAAN MEDIA PIAS KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID DISLEKSIA KELAS II SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR.

[img] Text
Halaman Depan.docx

Download (43kB)
[img] Text
Halaman Belakang.docx

Download (44kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III hasil perbaikan.docx

Download (58kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (12kB)
[img] Text
lampiran 7.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 8.docx

Download (23kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
FORMAT INSTRUMEN ACC.docx

Download (97kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (215kB)

Abstract

MUH. NURUL IQBAL 2016. Penggunaan Media Pias Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Disleksia Kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Bastiana,M.Si dan Dra.St.Kasmawati,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu murid belum mampu membedakan b dibaca d, m dibaca w suku kata dan kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan pias kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid disleksia kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulan melalui media pias kata pada murid Disleksia kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian yaitu meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media pias kata dengan memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar dan hasil belajar murid disleksia kelas II SD Inpres. Maccini Baru Makssar dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi ,wawancara dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan yang menjadi subjek penelitian adalah seorang murid disleksia yang duduk di kelas II bernama JW yang berusia 9 tahun. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa murid diseleksia kelas II SD Maccini Baru sebelum penggunaan media pias kata belum mampu membaca atau membedakan huruf b dibaca d dan m dibaca w,suku kata dan kata. Sedangkan setelah penggunaan media pias kata pada murid disleksia kelas II SD Inpres Maccini Baru sudah mampu membaca b,d,m,w,suku kata dan kata, Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid disleksia kelas II SD Inpres Maccini Baru Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:55
Last Modified: 07 Feb 2022 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22018

Actions (login required)

View Item View Item