MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT GERAK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS XI IPA MA YAPIT TARETTA AMALI KABUPATEN BONE

Amalia, Nur (2021) MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT GERAK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS XI IPA MA YAPIT TARETTA AMALI KABUPATEN BONE. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL SKRIPSI LIA.pdf

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjawab masalah : (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual membuat gerak dalam pelajaran seni tari pada siswa kelas XI IPA MA Yapit Taretta Amali Kabupaten Bone. (2) Bagaimana peningkatan kreativitas siwa stelah penerapan pembelajaran kontekstual dalam pelajaran seni tari pada siswa kelas XI IPA MA Yapit Taretta Amali Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dimana setiap siklusnya diadakan 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas XI IPA MA Yapit Taretta dengan jumblah 18 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki�laki 7 orang dan siswa perempuan 11 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitaif. Dengan hasil penelitian : penerapan pembelajaran kontekstual dilakukan sebanyak dua siklus, pada siklus I pemberian materi diberikan, dan pertemuan selanjutnya memperaktekkan materi yang diberikan, setelah siklus I diobservasi ditemukan beberpa kendala pada penerapan model pembelajaran kontekstual yang masih perlu dieksplor lagi, maka perlu dilaksanakannya siklus II untuk melakukan kembali pembelajaran dengan model kontekstual. Selanjutnya peningkatan kreativitas siswa menunjukkan hasil keseluruhan dengan memperoleh 84,22% dengan menggunakan aspek penilaian kreativitas yaitu fluency memperoleh nilai 83,33% fleksibilitas memperoleh nilai 81,11%, orisinalitas memperoleh nilai 80%, elaborasi memperoleh nilai 78,9% dan keaktifan memperoleh nilai 97,8%. Adapun penilaian secara kelompok yaitu kelompok 1 memeperoleh rata-rata 80% sedangkan kelompok 2 memperoleh rata-rata 88%. Berdasrkan hasil yang didapatkan terjadi peningkatan terhadap siswa kelas XI IPA MA Yapit Taretta Amali Kabupaten Bone. Kata kunci : Membuat gerak, Kontekstual, Kreativitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:38
Last Modified: 12 Apr 2022 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22017

Actions (login required)

View Item View Item