PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERMAIN BINTIK BINTIK PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB JENETALLASA KABUPATEN GOWA

SAIFUL (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI METODE BERMAIN BINTIK BINTIK PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB JENETALLASA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SAMPUL AC.docx

Download (49kB)
[img] Text
PRINT ACC.docx

Download (6MB)

Abstract

S A I F U L. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Metode Bermain Bintik-Bintik Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Dr. Purwaka Hadi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah kemampuan berhitung penjumlahan melalui metode bermain bintik-bintik pada murid tunagrahita ringan. Masalah utama dari penelitian ini adalah kesulitan dalam berhitung murid tunagrahita ringan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan berhitung penjumlahan sebelum menggunakan metode bermain bintik-bintik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kab. Gowa?; Bagaimanakah kemampuan berhitung penjumlahan sesudah menggunakan metode bermain bintik-bintik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kab. Gowa?; Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan sesudah menggunakan metode bermain bintik-bintik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan sebelum dan sesudah menggunakan metode bermain bintik-bintik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa dan mengetahui adanya peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan sesudah menggunakan metode bermain bintik-bintik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kab. Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II pada SLB Jenetallasa Kab. Gowa sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan metode bermain bintik-bintik termasuk dalam kriteria tidak tuntas. (2) Kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II pada SLB Jenetallasa Kab. Gowa sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode bermain bintik-bintik termasuk dalam kriteria tuntas. (3) Terjadi peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan melalui penerapan metode bermain bintik-bintik pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kab. Gowa. Ini berarti bahwa penggunaan metode bermain bintik-bintik dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada murid tunagrahita kelas dasar II di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:11
Last Modified: 07 Feb 2022 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item View Item