REVITALISASI PASAR TRADISIONAL (Meningkatkan Daya Saing Pasar Tradisional Dalam Perspektif Manajemen Ekonomi Kelembagaan)

Sitti Hasbiah, Sitti Hasbiah (2014) REVITALISASI PASAR TRADISIONAL (Meningkatkan Daya Saing Pasar Tradisional Dalam Perspektif Manajemen Ekonomi Kelembagaan). carabaca, Makassar. ISBN 978-602-1175-10-1

[img]
Preview
Text
BUKU REVITALISASI PASAR TRADISIONAL.pdf

Download (32MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEWER BUKU 2014.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia empirik dijumpai adanya sejumlah pedagang antara (middlleman) yang harus dilalui sebelum barang itu sampai ke tangan konsumen. Semakin banyak pedagang antara yang ada dalam struktur distribusi, maka semakin panjang rantai distribusi yang harus dilalui. Seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penawaran dan penjualan barang dan jasa kepada konsumen akhir akan dilakukan oleh pedagang eceran. Sektor perdagangan eceran pada hakekatnya merupakan muara seluruh barang yang diproduksi di dalam negeri ditambah barang hasil impor. Berfungsinya pedagang eceran sebagai muara dari distribusi barang akan mendapatkan posisinya dalam struktur perekonomian makro menjadi sangat strategis, atau dengan kata lain, sektor perdagangan akan sangat peka terhadap gelombang pasang surutnya perkembangan ekonomi nasional. Berkaitan dengan pola konsumsi masyarakat pada satu dasa warsa yang lalu, sebagain masyarakat Indnonesia hanya mengetahui bahwa pusat pembelanjaan yang ada itu adalah pasar tradisional yang lazimnya tempat itu menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti bumbu masak, ikan, sayur-mayur dan sebagainya.

Item Type: Book
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 10 Mar 2017 07:06
Last Modified: 10 Mar 2017 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item