PENGGUNAAN GARIS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS II SMPLB DI SLB NEGERI MAKASSAR

SYAMSUDDIN (2022) PENGGUNAAN GARIS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS II SMPLB DI SLB NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (189kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (222kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
SYAMSUDDIN (SKRIPSI).docx

Download (96kB)
[img] Text
KISI-KISI, DAN FORMAT PENELITIAN.docx

Download (81kB)
[img] Text
MATERI REVISI UJIAN HASIL.docx

Download (23kB)
[img] Text
KISI-KISI, DAN FORMAT PENELITIAN.docx

Download (81kB)
[img] Text
MATERI REVISI UJIAN HASIL.docx

Download (23kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)

Abstract

Syamsuddin 2015. Penggunaan Media Garis Bilangan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tunagrahita Sedang Kelas II SMPLB Di SLB Negeri Makassar. Skripsi.Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.PddanDra.Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd.Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pokok masalah dalam penelitian ini adalahhasil belajar matematika utamanya penjumlahan dan penguranganpadasiswatunagrahita sedangkelas VIII di SLB Negeri Makassar sangat rendah jika diukur dari standar kompetensi yang diharapkan. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Negeri Makassar melalui garis bilangan? Tujuan yang diharapkan adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Negeri Makassar sebelum penggunaan garis bilangan, 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Negeri Makassar sesudah penggunaan garis bilangan, dan 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Negeri Makassar melalui garis bilangan.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subjek penelitian ini sebanyak 3 orangsiswa tunagrahita sedang kelas VIII, dengan menggunakan satu peubah, yaknihasil belajar matematika melalui garis bilangan.Teknik pengumpulan datanya adalah tes perbuatan dan observasi, sedangkan teknik analisis datanya diolah dengan analisis Deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika ketiga siswa tunagrahita sedangkelas VIIIdi SLB Negeri Makassar sebelum penggunaan garis bilangan dimana siswa JK, dan IS memperoleh skor hasil tes awal sebesar 40, dan 50 atau nilai kemampuan siswa tersebut berada sekitar 35% - 45 % sehinggadapat dikategorikan kurang mampu sementara RM memperoleh skor hasil tes awal sebesar 60 atau nilai kemampuan siswa tersebut berada sekitar 55% -64% sehingga dapat dikategorikancukup mampu. 2) Hasil belajar matematika ketiga siswa tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Negeri Makassar sesudahpenggunaangaris bilangan dimana siswa JK, dan IS memperoleh skor hasil tes akhir sebesar 70 dan 80 atau nilai kemampuan siswa tersebut berada sekitar65% - 84% sehingga dapat dikategorikan mampu. Sementara itu RM memperoleh nilai skor tes akhir sebesr 90 sehingga dapat dikategorikansangat mampu.3) Terdapat peningkatan yang signipikan hasil belajar matematikapada siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Negeri Makassar sesudah penggunaan garis bilangan, hal ini menunjukkan bahwa garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matemaika pada siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Negeri Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:15
Last Modified: 04 Feb 2022 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item