PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB PK & PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR

RASNAWATI (2022) PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB PK & PLK GALESONG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (43kB)
[img] Text
Motto, abstrak dan prakata perbaikan.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (141kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (72kB)
[img] Text
DOK 2 - Copy.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP RASNA.docx

Download (35kB)

Abstract

Rasnawati, 2015. Penggunaan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB PK & PLK Galesong Kabupaten Takalar. Skripsi ini, Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah M.Pd dan Drs. Usman, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dalam mengenal anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan dalam mengenal anggota tubuh hewan sebelum dan setelah penggunaan metode karyawisata?. Berdasar pada rumusan masalah, maka tujuan penelitian yaitu peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB PK & PLK Galesong melalui penggunaan metode karyawisata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mengenalkan anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulisan dan observasi, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar III yang berjumlah 2 orang laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan metode karyawisata dengan kategori yang mulanya kurang menjadi kategori baik, pada kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan dengan mengajak murid keluar kelas menuju suatu tempat yang berada dekat dari sekolah yakni sawah yang ditempati meneliti seekor sapi. Murid membawa alat tulis untuk mencatat berdasarkan yang dipelajari, kemudian murid dibawa kembali ke kelas untuk melaporkan kembali apa yang telah diteliti. Dalam penelitian ini murid dapat mengetahui bagian anggota tubuh hewan yang telah dilihat. Kemampuan mengenalkan anggota tubuh hewan pada murid tunagrahita ringan dapat meningkat melalui penggunaan metode karyawisata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:59
Last Modified: 04 Feb 2022 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21997

Actions (login required)

View Item View Item